5 Contoh Teknologi Pembelajaran Online di Masa Pandemi

Covid-19 adalah virus mematikan yang menyebar dengan sangat cepat. Saat ini, hampir setiap negara di dunia terkena dampaknya. Peristiwa pandemi covid-19 menyebabkan dunia Pendidikan harus mengalami transformasi metode kegiatan belajar mengajar ke mode tidak langsung dengan pemanfaatan teknologi digital dan jejaring internet atau yang disebut E-learning.

Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses Pendidikan memiliki peran penting dalam dunia Pendidikan. Teknologi dapat mendukung semua kebutuhan Pendidikan dan pembelajaran.

Pendidik dan peserta didik dapat berinteraksi tanpa harus bertatap muda, mengingat wabah covid yang sedang marak sehingga proses pembelajaran tatap muka harus dihentikan untuk sementara waktu.

Ketika penerapan belajar di rumah resmi ditetapkan pemerintah terkait pandemi covid-19 ini, rasanya orang tua juga perlu mengetahui teknologi pembelajaran jarak jauh berbasis digital. Dibutuhkan peran pendidik untuk secara efektif mengevaluasi dan beradaptasi dengan kebutuhan pembelajaran e-learning.

Hal ini sangat penting untuk selalu melengkapi aspek pembelajaran seperti pengetahuan, etika, keterampilan proses pembelajaran, kecerdasan dan estetika. Sejak pindah ke e-learning, secara tidak langsung akan mempengaruhi daya serap siswa dan merupakan salah satu kesulitan belajar daring. Pembelajaran menggunakan komputer secara online disebut dapat berjalan dengan efektif dengan memperhatihan komunikasi antara orang tua dan pendidik untuk membantu memantau progress belajar anak.

Apa saja teknologi pembelajaran jarak jauh yang umum dipakai di dunia pendidikan? Berikut dijelaskan 5 aplikasi belajar online yang paling sering dipakai.

1. Zoom

Zoom adalah aplikasi komunikasi menggunakan video dan dapat digunakan dalam berbagai perangkat baik seluler maupun desktop. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi favorit untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Zoom merupakan aplikasi video conference untuk melakukan koordinasi aplikasi ini memudahkan siswa untuk melakukan diskusi dengan temannya.

Aplikasi ini memiliki keunggulan seperti bisa menampung hingga 100 orang peserta dalam 1 sesi video. Selain itu, ada fitur sharing screen yang bisa memudahkan semua peserta dalam video tersebut saling melihat layer yang dibagikan oleh salah satu peserta. Hanya saja, kesulitan belajar daring menggunakan aplikasi ini adalah durasi maksimal untuk satu kali melakukan video conference hanya 40 menit dalam satu sesi.

2. Google Classroom

Google Classroom adalah layanan web gratis yang dikembangkan oleh Google. Merupakan mesin pencari nomor 1 di dunia, aplikasi ini menyediakan banyak informasi penting yang anda butuhkan termasuk dalam proses pembelajaran.

Tidak seperti aplikasi Zoom, Google Classroom memungkinkan bagi guru untuk melakukan kegiatan belajar layaknya di kelas tanpa batas waktu maksimal. Biasanya, guru lebih senang menggunakan aplikasi ini karena sudah terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Dokumen dan Google Drive.

3. Ruang Guru

Produk unggulan ruangguru pastinya sudah tidak asing ditelinga anda bukan? Banyak fitur canggih yang bisa dimanfaatkan untuk memahami berbagai macam konsep pelajaran. Fitur-fitur canggih tersebut antara lain video belajar dengan animasi, rangkuman yang lengkap, dan tentunya banyak bank soal untuk Latihan.

4. Edmodo

Hampir sama dengan Zoom dan Google Classrom, aplikasi Edmodo merupakan aplikasi kelas virtual yang menghubungkan antara guru dengan murid. Guru bisa memberikan tugas tertulis kepada murid melalui aplikasi yang terhubung seperti Microsoft OneNote dan Microsoft Office.

Namun aplikasi ini memiliki keunggulan, orang tua busa menerima rapor dalam bentuk digital yang dikirimkan oleh guru. Jadi, orang tua dapat dapat memantau progress perkembangan anak saat belajar virtual di rumah.

5. Social Media in Learning

Banyak guru sudah memanfaatkan sosial media untuk menunjang proses pembelajaran online baik memberikan materi atau pun tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Beberapa sosial media yang banyak dimanfaatkan antara lain WhatsApp, Twitter, Blog, Youtube, Instagram maupun Tiktok.

Itula 5 contoh aplikasi belajar online yang banyak digunakan dalam kegiatan e learning. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengamankan Akun WhatsApp Agar Tidak Mudah di Hack

Aplikasi Edit Foto Kekinian 2022

5 Aplikasi Pemindai dan Pemberi Solusi Soal Matematika