Cara Mengamankan Akun WhatsApp Agar Tidak Mudah di Hack

 

WhatsApp merupakan Platform sosial media yang sekarang dipakai hampir semua orang, baik digunakan untuk bisnis ataupun sekadar berkomunikasi. Fitur di aplikasi ini juga lengkap dan memenuhi kebutuhan semua orang.

Sama seperti media sosial lainnya, WhatsApp juga rawan diretas dan dikuasai orang lain atau istilah katanya di Hack. Akun WhatsApp yang diretas sering sekali digunakan atau disalahgunakan untuk hal-hal yang berbahaya, seperti penyebaran informasi rahasia dan penipuan.

Untuk mencegah hal buruk terjadi pada akun WhatsApp Anda, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menghindari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Walaupun sejatinya WhatsApp sudah memiliki fitur bawaan untuk memproteksi akun, tapi masih bisa akun WhatsApp kita diretas oleh orang lain.

Setiap pengguna hanya perlu waspada dan kritis terhadap kejanggalan pada akun WhatsApp Anda. Dalam artikel ini kami akan membagikan beberapa tips untuk mengamankan akun WhatsApp supaya tidak terbobol oleh Hacker.

Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Hacker

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan proteksi kepada Akun sosial media WhatsApp Anda, berikut caranya:

1. Pengguna bisa mengaktifkan fitur Two Step Verification atau verifikasi dua langkah. Fitur ini bisa Anda aktifkan di menu Setting atau pengaturan dengan mengetuk tiga tombol vertical di pojok kanan atas untuk ponsel Android. Sedangkan untuk ponsel iOS, Anda bisa mengetuk ikon pengaturan di kanan bawah.

2. Kemudian pilih “Account” atau akun dan pilih “Two-Step Verification”. Jika belum Anda aktifkan, ketuk opsi “Enable” untuk mengaktifkannya. Kemudian masukkan enam digit PIN dan ulangi untuk konfirmasi.

3. Langkah mengamankan Akun WhatsApp berikutnya adalah, Anda akan diminta untuk mengisi e-email. Langkah ini sifatnya opsional, artinya jika Anda tidak berkenan untuk mengisinya, maka bisa Anda lewatkkan “Skip”. Tapi kami menganjurkan Anda untuk tetap mengisi alamat E-mail sebagai langkah pencegahan. Manfaat mengisi ini adalah memiliki pengamanan yang baik supaya PIN Anda tidak mudah di retas oleh orang lain dan mencegah bila suatu hari Anda lupa berapa kode PIN Anda.

Jika Anda sudah mengaktifkan fitur “Two-Step Verification”, selanjutnya WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan PIN secara berkala. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah akun Anda ter-Hack orang lain, simak caranya:

1. Jangan Memberikan Kode OTP

Kode OTP (One Time Password) biasanya diberikan pada pengguna melalui pesan singkat atau SMS. Nah, kode ini bersifat rahasia. Maka dari itu jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapapun.

2. Hindari Mengunjungi Tautan yang Mencurigakan

Kami menyarankan kepada Anda untuk tidak asal mengunjungi tautan ke situs yang tidak Anda kenal. Sebab, jika situs atau tautan tersebut tidak aman, ini akan berisiko bisa mengambil data yang ada di ponsel Anda.

Nah, itu tadi beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencegah Akun WhatsApp Anda mengalami peretasan atau Hack dari orang lain. Segera ikuti langkah tersebut supaya data Anda tetap aman.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Edit Foto Kekinian 2022

5 Aplikasi Pemindai dan Pemberi Solusi Soal Matematika